Jenis-jenis Tanaman Hias

Jenis Tanaman Hias

 

Tren tanaman hias di Indonesia yang memiliki iklim tropis dan memungkinkan segala jenis tanaman hidup cukup menggembirakan. Berbagai jenis-jenis tanaman hias silih berganti menaiki “tempat terhormat” dihati para pecinta tanaman hias. Seolah mengikuti trend, semua masyarakat Indonesia seketika berubah menjadi penggila dari jenis-jenis tanaman hias.

Tanah Indonesia yang subur, memungkinkan jenis-jenis tanaman hias tumbuh subur. Kesuburan tanah yang dimiliki secara alami oleh Indonesia tersebut merupakan sebuah keistimewaan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Indonesia patut berbangga dengan hal itu.

Keistimewaan itu lantas dipergunakan oleh masyarakat Indonesia yang pintar memanfaatkan kesempatan untuk membuka sebuah usaha tanaman hias. Mereka mengembangbiakkan jenis-jenis tanaman hias lalu menjadikannya lembaran-lembaran uang.

Kondisi iklim di Indonesia yang serba pas, membuat jenis-jenis tanaman hias itu mudah untuk tumbuh dengan optimal. Meskipun memang diperlukan perawatan lebih lanjut agar tanaman hias tetap dapat memancarkan keindahannya.

Bisnis mengembangbiakkan jenis-jenis tanaman hias belakangan memang menjadi trend. Masyarakat secara tiba-tiba menggandrungi aneka jenis tanaman cantik tersebut. Alasannya pun beragam. Sebagian masyarakat memelihara tanaman hias untuk mempercantik halaman rumah, sebagian lagi hanya ikut-ikutan trend, dan bahkan ada sebagian masyarakat yang percaya bahwa jenis tanaman hias tertentu bisa mendatangkan hoki atau keberuntungan. Entahlah.

Jika disangkutkan dengan keberuntungan, harga dari jenis-jenis tanaman hias tertentu bisa meroket. Hal ini tentu saja menguntungkan para pengusaha tanaman hias. Penjelasan logis mengenai hal ini pun dikesampingkan.

Nursery (tempat pembiakan dan jual beli tanaman hias) pun tumbuh subur di kalangan masyarakat. Rupanya bisnis tanaman hias tidak bisa dianggap remeh, selain menyalurkan hobi, rupiah yang datang pun tidak sedikit. Jenis-jenis tanaman hias yang indah itu bisa mendatangkan rezeki dan menjadi lahan bisnis baru baMorfologi alocasia :gi yang jeli.

Mari simak penjelasanberikut tentang 4 jenis tanaman hias yang sedang menjadi trend. Ditempat ini, jenis-jenis tanaman hias akan mudah didapat.

Jenis-jenis Tanaman Hias

  1. Jenis-jenis Tanaman Hias – Aalocasia

Salah satu dari jenis-jenis tanaman hias yang pertama adalah alocasia. Dari namanya saja sudah terdengar indah, bentuk dari tanaman ini pun tak kalah indah. Sosok alocasia yang eksotik memiliki struktur daun tebal dan memiliki urat daun menonjol dengan pola yang bermacam-macam telah mencuri perhatian para penggemar tanaman hias.

Umumnya satu dari jenis-jenis tanaman hias ini tumbuh didekat sungai atau rawa, tetapi ada pula jenis yang tumbuh di lereng-lereng pegunungan, daerah bebatuan, perbukitan terjal sampai areal terbuka dengan kelembapan sekitar 80-90%.

Morfologi alocasia :

  • Tangkai daunnya agak menjorok ke tengah daun, bentuk daunya cukup beragam: bulat, segitiga, jantung, kipas, keris, corong.
  • Tongkol bunganya terdiri atas bunga jantan, dan bunga betina. Bunga betina yang sudah matang akan mengeluarkan lendir.
  • Bentuk buah alocasia seperti biji kopi dan berukuran tidak lebih dari 2 cm, jika sudah matang akan berwarna merah.
  • Batang alocasia akan terlihat jika pertumbuhannya sudah agak tinggi.
  • Perkembangbiakannya melalui tunas.
  1. Jenis-jenis Tanaman Hias – Philodendron

Jenis-jenis tanaman hias lselanjutnya salah satunya adalah philodendron. Philodendron cukup digemari karena tahan lama dan cukup toleran terhadap keadaan lingkungan. Philodendron paling baik tumbuh di iklim tropis. Keindahan tanaman yang satu ini terletak pada daunnya, baik bentuk, warna, maupun ukuran. Tipe philodendron ada 2, yaitu tipe tegak dan tipe merambat (epifit)

Morfolgi philodendron :

  • Batangnya berruas-ruas dan tidak berkayu. Tangkai daun dan mata tunas tumbuh disetiap ruas batang.
  • Daun philodendron memiliki bentuk yang sangat variatif, misalnya oval, bulat, hati sampai jari-jari. Warnanya pun cukup cantik: hijau tua, merah, ungu, hijau muda dan kehitam-hitaman.
  • Bunga philodendron terdiri atas tongkol dan seludang (sebagai penutup tongkol). Seludangnya akan membuka saat bunga betina matang dan sekitar dua hari kemudian bunga jantan pun akan matang. Seludang philodendron memiliki beragam warna dan bertekstur kaku
  1. Jenis-jenis Tanaman Hias – Keladi Hias

Tanaman hias yang menjadi salah satu dari jenis-jenis tanaman hias lainnya adalah keladi. Keladi hidup di daerah yang dilapisi humus yang kaya akan unsur hara dan kondisinya lembab. Oleh karena itu, iklim tropis sangat sesuai untuk tumbuh kembang keladi. Jenis tanaman ini banyak memiliki spesies, salah satunya spesies C. bicolor. Spesies ini memiliki daun yang berwarna warni dengan paduan warna yang indah seperti hijau, merah, merah muda, dan putih.

Morfologi Keladi Hias :

  • Keladi hias hampir tidak memiliki batang, mereka hanya membentuk pelepah atau tangkai daun dan daun.
  • Bentuk daunnya panjang, bulat, oval sampai segitiga. Pangkal daunnya berlekuk sementara tepi daunnya ada yang rata, berlekuk, dan bergerigi. Keunikan keladi hias terletak pada warna daun dan bercak motif yang menghiasi permukaan daunnya.
  • Keladi hias memiliki umbi akar yang bisa digunakan untuk pembanyakannya.
  1. Jenis-jenis Tanaman Hias – Lotus dan Teratai

Siapa yang meragukan keindahan tanaman hias yang satu ini. Jenis-jenis tanaman hias lain mungkin masih belum begitu familiar, tapi tidak dengan tanaman hias yang satu ini. Tanaman air bisa menjadi tanaman hias yang sangat cantik dan eksotis. Tanaman air mulai mendapat perhatian di Indonesia sejak awal 1990-an. Bentuknya yang mungil dan cantik diastas air benar-benar memberikan suasana lain yang sejuk dan damai.

Salah satu tanaman air yang menempati ranking pertama dalam kelompok tanaman hias adalah lotus dan teratai. Selain keindahan daun dan bunganya, tanaman hias ini juga dianggap sebagai tanaman suci bagi pemeluk agama Hindu dan Budha.

Dua tanamah hias ini memiliki bentuk yang hampir sama. Sepintas orang akan sulit membedakan antara lotus dan teratai, namun perbedaannya yang paling mendasar adalah pada pola tumbuhnya. Lotus tumbuh keatas sedangkan teratai tumbuh mendatar atau melebar. Warna bunga lotus pun terbatas, putih, kuning, dan merah muda, sedangkan teratai lebih beragam.

Morfologi lotus dan teratai :

  • Tangkai bunga lotus panjang dan tumbuh mencuat keluar dari permukaan air. Tangkai ini cukup kuat, lentur, dan tidak mudah patah sedangkan tangkai teratai cenderung menjalar didalam air sehingga helai daun terlihat mengapung.
  • Bunga lotus dan teratai terdiri atas banyak helaian dan saling menumpuk dengan bentuk yang unik: lonjong, cekung dan meruncing. Beberapa jenis teratai ada yang mekar hanya pada siang hari dan ada beberapa yang justru bermekaran hanya pada malam hari.
  • Daun lotus menyembul diatas permukaan air dan memiliki tangkai yang panjang, bentuk daunnya bulat, lebar dan tepinya berlekuk. Sedangkan daun teratai umumnya bulat mendekati lonjong serta memiliki belahan yang mengarah ke tangkai daun. Tepi daunnya ada yang bergerigi ada pula yang polos.

Jenis-jenis tanaman hias ini menawarkan keindahan bagi halaman Anda. Tidaklah mengherankan jika jenis-jenis tanaman hias yang rata-rata memiliki harga mahal ini cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia yang sebelumnya tidak begitu tertarik dengan tanaman hias pun tiba-tiba bisa berubah menjadi pangagum dadakan tanaman hias

Manfaat “berkenalan” dengan jenis-jenis tanaman hias ini ternyata memang cukup banyak. Selain memperindah halaman atau rumah Anda, jenis-jenis tanaman hias ini dapat mendatangkan keuntungan, tentu saja jika digeluti secara serius.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: